Kamis, 24 Januari 2013

Tips mengatasi kulit kepala gatal

Apa Anda sering menggaruk-garuk kulit kepala karena gatal, padahal sudah keramas? Bisa jadi ini karena kulit kepala yang tak bersih. Lakukan beberapa hal berikut ini untuk mengatasi kulit kepala yang sering terasa gatal, seperti dilansir oleh Times of India (22/01).

1. Pertama, ketahui bahwa kulit kepala yang gatal disebabkan oleh kepala yang tidak bersih. Bisa jadi ini karena Anda jarang keramas atau tidak membilas sampo sampai bersih.
2. Sebaiknya keramas setiap dua hari sekali dan bersihkan sampo hingga bersih. Konsultasikan juga jenis sampo yang cocok untuk rambut Anda dengan dermatolog.
3. Hindari penggunaan pewarna rambut yang mengandung bahan kimia karena bisa menyebabkan rasa gatal. Jika bisa, sebaiknya gunakan pewarna rambut yang terbuat dari bahan alami.
4. Terkadang rasa gatal juga disebabkan oleh kulit kepala yang kering. Untuk itu, sebaiknya Anda rajin melembapkan kulit kepala. Gunakan krim rambut ringan untuk memijat kulit kepala.
5. Selain itu, berikan minyak pada rambut setiap dua kali seminggu. Caranya panaskan minyak kepala dengan bunga hibiskus. Ketika kepala terasa sangat gatal, pijat kulit kepala dengan minyak hangat. Ini akan mengurangi rasa gatalnya.
6. Kepala yang gatal juga seringkali disebabkan oleh sinar matahari. Pastikan Anda selalu melindungi rambut dengan topi setiap kali keluar rumah.
Lakukan hal-hal di atas untuk mengatasi rasa gatal pada kulit kepala. Selamat mencoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar