Kamis, 24 Januari 2013

Manfaat kunyit untuk kulit dan kesehatan kita semua

Manfaat Kunyit terus membuat beberapa berita utama kesehatan mengesankan. Hotel ini dikenal sebagai bumbu kari belakang, penelitian menunjukkan bagaimana berpotensi dapat memainkan peran dalam penurunan berat badan, bersama dengan mencegah penyakit Alzheimer, kanker dan kondisi lainnya.

Pengantar

Kebanyakan orang yang akrab dengan kunyit untuk rasa yang unik dan kehadirannya dalam masakan India. Kunyit adalah rempah-rempah asli Asia Selatan dan Tenggara. Telah digunakan baik untuk tujuan pengobatan dan kuliner. Makanan seperti kari, dan bahkan mustard Amerika, biasanya dibuat dengan bumbu kuning. Menariknya, ada satu bahan aktif dalam kunyit yang telah terbukti memiliki banyak manfaat kesehatan potensial yang dapat membantu meningkatkan kualitas hidup bagi mereka dengan penyakit kronis.

Antioksidan dan Anti-inflamasi Manfaat

Bahan aktif dalam kunyit adalah curcumin, yang membuat sampai 5 persen dari rempah-rempah. Curcumin adalah polifenol dengan antioksidan kuat dan anti-inflamasi. Polifenol memiliki kemampuan untuk menstabilkan radikal bebas, yang dapat merusak sel-sel tubuh (1). Diet kaya polifenol dapat membantu kesehatan otak dukungan dan menunda gangguan kognitif seperti penyakit Alzheimer (2, 3). Satu studi yang dilakukan dengan sekelompok orang dari 60 sampai 90 tahun menunjukkan bahwa mereka yang rutin mengkonsumsi kari dilakukan lebih tinggi pada tes kognitif dibandingkan dengan mereka yang tidak pernah atau jarang makan kari (4). Di India, di mana kunyit secara teratur digunakan dalam makanan, terjadinya penyakit Alzheimer adalah seperempat yang dari Amerika Serikat di antara mereka dalam rentang usia 70 sampai 79 tahun. Kurkumin juga tampaknya memiliki efek anti-rematik dan anti-rematik, mungkin melalui down-regulasi sitokin inflamasi (5).

Lipid Metabolisme dan Berat Badan

Sebuah studi hewan terbaru menunjukkan efek hipolipidemik dengan kurkumin, menunjukkan kemampuannya untuk secara signifikan menurunkan trigliserida dan asam lemak bebas (3). Ini adalah hasil yang menjanjikan, menunjukkan potensi kurkumin untuk mengobati obesitas dan penyakit terkait. Dalam studi lain hewan, terapi diet mengakibatkan penurunan berat badan yang signifikan dan potensi untuk meningkatkan tingkat metabolisme basal.

Pencegahan Kanker

Dalam penelitian hewan lain, kurkumin menunjukkan efek chemopreventive di daerah seperti perut, usus besar, dan kerongkongan (6). Ada juga efek perlindungan terhadap radiasi tumor. Kurkumin dapat menghambat sel-sel tumor seperti T-cell leukemia, karsinoma usus, dan sel-sel kanker payudara dari penyebaran (5).

Menggunakan Kunyit di Tea dan Makanan

Manfaat kunyit untuk kulit - Meskipun semua manfaat kesehatan yang dapat diperoleh dari kunyit, banyak orang mungkin belum terbiasa dengan cara memasukkan ke dalam memasak mereka. Dua cara mudah untuk menggunakan kunyit adalah dengan minum sebagai teh atau memasak dengan sayuran bertepung. Teh Kunyit adalah cara yang bagus untuk melengkapi dengan kurkumin. Cukup merebus empat cangkir air, lalu tambahkan satu sendok teh kunyit tanah, dan didihkan selama sekitar 10 menit. Saring teh melalui saringan dan tuangkan ke dalam cangkir. Rasa teh kunyit dengan menambahkan sedikit madu atau jus lemon.

Cara lain untuk menambahkan kunyit untuk diet Anda adalah dengan menggunakannya sebagai bumbu untuk kentang. Rebus kentang dan kemudian dipotong menjadi potongan-potongan kecil atau perempat. Lembut melemparkan kentang dengan jinten dan kunyit dan goreng dalam wajan ringan diminyaki sampai kecoklatan.

Mengkonsumsi kunyit dalam makanan umumnya dianggap aman, namun, jika memasak dengan kunyit bukanlah suatu pilihan, itu tersedia dalam bentuk kapsul, sebagai ekstrak cairan atau sebagai tingtur. Menurut University of Maryland Medical Center, dosis yang dianjurkan untuk orang dewasa adalah sebagai berikut:

    Potong akar: 1,5 - 3 g per hari
    Kering akar, bubuk: 1 - 3 g per hari
    Standar bubuk (curcumin): 400 - 600 mg, 3 kali per hari
    Ekstrak cairan (1:1) 30 - 90 tetes sehari
    Tingtur (1:2): 15 - 30 tetes, 4 kali per hari

Manfaat kunyit - Saat ini, tidak ada tingkat atas didirikan toksisitas untuk kurkumin dan dosis hingga 12 gram per hari telah terbukti aman dan ditoleransi (3). Beberapa efek samping termasuk sakit perut dan khelasi besi yang mungkin menjadi masalah bagi mereka yang menderita kekurangan zat besi. Bentuk obat kunyit atau kurkumin mungkin tidak aman bagi pasien yang berada di pengencer darah atau bagi mereka yang memiliki penyakit diabetes karena dapat meningkatkan efek dari obat yang digunakan untuk mengobati penyakit-penyakit tersebut. Silakan cek dengan dokter Anda sebelum mengambil bentuk obat kunyit atau kurkumin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar